Tuesday, September 6, 2011

Modifikasi Yamaha Scorpio Z Jadi Motor Super Enjing

Modifikasi Yamaha Scorpio Z Jadi Motor Super Enjing dirubah untuk menyalurkan hobby dan keinginannya pria yang pemilik motor Yamaha Scorpio Z ini,
Langkah awal yang ditempuh kru TC saya yakni mengganti kaki-kaki Scorpio Z dengan mengaplikasi depan pakai velg custom 17x 2,5″ dan belakang 17x 5″ yang dibalut ban Battlax ukuran 110/70/17 dan 160/70/17. Sedang shock depannya diganti dengan tipe upside down dari  Yamaha  versi Thailand. Sementara swing arm belakang hasil olah karsa team TC, yang bentuknya mengacu ke KTM EXC 450. Untuk perangkat disc brake belakang, kami mengaplikasi punya Suzuki Satria F150, sedangkan bagian depanya masih mengandalkan perangkat standar Scorpio Z.

Modifikasi Yamaha Scorpio Z.jpg

Bagian muka juga jadi wilayah garapan kru TC. Untuk perangkat lampu depan memakai punya Honda Megapro yang kedoknya di custom ulang, sedangkan di belakang stoplamp tampil unik karena mengambil dari produk Bungbon, Thailand, yang satu set dengan lampu seinnya. Karena Bima ingin motornya tampak jangkung sesuai sama tinggi badannya, ada rombakan yang saya lakukan di monosok. Untuk mengejar ketinggian motor yang tepat dengan tanah diimbangi antara tinggi shock depan dan pertimbangan riding position buat pengendarannya.

Ternyata setelah kaki kakinya dirubah masih ada kendala yang saya alami untuk menyesuaikan motor ini. Tinggi motornya masih kurang dengan tinggi yang diminta Bima! Akhirnya saya memotong sub frame belakang dan menggantinya dengan pipa hollo 2×2. Efeknya kemudi setang pun harus diganti dengan Raiser dan mengaplikasikan jenis fatbar merk AHRS. Ini saya lakukan biar imbang antara depan dan belakang.

Setelah urusan tinggi motor sesuai, Topo dan crew TC mulai membentuk bodi, dari spakbor depan, tangki, air scoop, dan juga buntut belakang termasuk spakbor belakang, dari plat galvanis 0,8 mm. Konsep dasarnya mengacu ke model XTZ 250, motor adventure Yamaha versi jepang. Lanjut ke model knalpotnya, Bima ingin undertail diatas dan bentuknya minta trioval fullsystem. Secara estetika memang bagus, tapi ada masalah diperformance, karena up grade mesin yang sudah di porting polish dan penggantian karburator merk TDR berikut cdi BRT.


1 comment:

  1. gaggia titanium - Tipanium-arts.com
    Gaggia 2014 ford focus titanium hatchback Titanium Art · Premium Quality · Unique titanium coating Designs · titanium i phone case Unique Designs · Check out our gaggia titanium titanium sia art gallery at www.tfrecipes.com. titanium exhaust tips

    ReplyDelete